Gaya Pacaran Anak Milenial VS Boomers, Gen X

Gaya Pacaran Anak Milenial VS  Boomers, Gen X

Semakin maju zaman, semakin berkembang juga kehidupan manusia. Salah satu hal yang berkembang adalah gaya pacaran. Pacaran ketika jaman dulu memakai surat, sekarang menggunakan chat. Nah berikut beda gaya pacaran anak milenial dan Boomers dan Gen X.

Anak Milenial

Ghosting, dibanding kata putus cinta, tampaknya generasi milenial sekarang kerap melakukan atau menjadi korban 'ghosting'. Ghosting merupakan sikap menghentikan komunikasi dengan pasangan tanpa peringatan atau alasan yang jelas, serta mengabaikan segala upaya dalam mencari kejelasan hubungan.

Media sosial memang begitu erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, termasuk bersosialisasi dengan orang lain. Maka tak heran jika media sosial juga mempunyai pengaruh besar dalam gaya pacaran generasi milenial zaman sekarang. Hal-hal yang biasa dilakukan pasangan milenial di media sosial antara lain adalah memposting foto bersama pacar, berbalas komentar, dan menekan tombol suka pada postingan satu sama lain.

Gaslighting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bentuk manipulasi seseorang kepada pasangannya secara psikologis. Dengan kata lain orang tersebut mampu mengontrol atau berkuasa atas segala sikap dan tindakan pasangan mereka. Sikap ini biasanya memaksa korban untuk percaya bahwa mereka bersalah.

Kencan menjadi kata yang kurang menarik bagi milenial, mungkin karena asosiasinya kuno. Mereka biasanya lebih menyukai istilah 'jalan' atau 'ke tempat nongkrong' sebagai pengganti sebutan 'kencan' untuk menghindari kesan terlalu kuat.

Seks dibicarakan lebih terbuka dan bebasm ereka aktif mencari informasi atau mengedukasi diri sendiri soal pengetahuan seks lewat Google. Mereka juga menganggap seks bukanlah hal yang memalukan untuk dibahas.

Boomers, Gen X

Radio adalah media sosial, tahun 90-an belum ada layanan streaming lagu. Stasiun radio tidak hanya memutar lagu atau memberikan informasi, tapi juga menitipkan salam pada pendengarnya. Pada sesi tertentu, dimanfaatkan muda mudi untuk mengirimkan salam untuk kekasih hingga mengirimkan puisi.

Telepon Umum adalah alat komunikasi satu-satunya yang dipakai untuk bisa berkomunikasi dengan pasangan atau calon gebetan. Kita harus memberanikan diri untuk telepon ke rumah pasangan, yang kadang diangkat oleh orang tuanya.

Surat menjadi media komunikasi yang terbatas, membuat surat adalah penyampai pesan yang akurat. Ditulis pada secarik kertas yang wangi dan tulisan rapi, cara ini dikenal sangat romantis kala itu. Pasalnya, bisa menyimpan ungkapan perasaan dari pasangan lewat surat yang dikumpulkan setiap harinya. Kalau sedang rindu, tinggal baca lagi deh suratnya.

Dyantari
Author : Dyantari

Nama panggilannya adalah horas! karena apa-apa ngegas. Pintu, meja, kursi, kolam, batu yang diem-diem saja bisa salah.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait